Senin, 27 April 2009

Menteri Kesehatan Pastikan Flu babi Tidak Masuk indonesia

JAKARTA - Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari memastikan virus H1N1 atau lebih dikenal flu babi tidak akan masuk ke Indonesia. Pasalnya, Indonesia bukan negara yang memiliki empat musim.

"Virus itu (H1N1) tidak bakal masuk ke daerah tropis karena virus tersebut hanya dapat hidup di daerah dingin dan punya empat musim. Dia hanya hidup di musim gugur dan dingin," ungkap Menkes saat jumpa pers di Departemen Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (28/4/2009).

Menurutnya, memang angka kematian akibat virus H1N1 lebih tinggi dibanding H5N1 (flu burung), namun itu di Australia, tidak di Indonesia. Meski begitu, Menkes mengimbau agar tetap berhati-hati.

"Kita telah melakukan langkah-langkah dan pertama sudah terpasang 10 thermal scanner untuk mendeteksi suhu badan di terminal kedatangan Bandara Soekarno Hatta," tuturnya.

Menkes menyebutkan pihaknya menyiapkan pula obat-obatan yang berhubungan dengan penanggulangan flu babi serta menyiapkan 100 rumah sakit rujukan yang memiliki kemampuan kasus untuk menangani flu babi.

Tak ketinggalan, menyebarluaskan informasi ke masyarakat luas dan menyiagakan kesehatan melalui desa siaga.

"Simulasi penanggulangan endemic influenza yang baru dilakukan pekan lalu di Makassar, juga merupakan upaya nyata persiapan pemerintah dalam menghadapi berbagai kemungkinan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar